Kerusakan pada laptop dan netbook

Kerusakan Umum Laptop Dan Netbook

Kerusakan ini umum terjadi pada laptop dan netbook. Tidak terpatok merk atau tipe laptop dan netbook tersebut.

Pengenal Part Laptop dan netbook

Pengenalan Part Laptop Dan Netbook

Bagian dan Part apa saja yang terdapat pada sebuat Laptop dan Netbook

Perawatan Laptop dan netbook.fw

Perawatan Laptop Dan Netbook

Perawatan pada laptop dan netbook sangatlah dianjurkan, agar dapat memperpanjang usia pakai dari laptop atau netbook itu sendiri.

Info Dunia Lapto dan notebook

Informasi Dunia Gadget

Update terus pengetahuan kita terhadap teknologi terkini yang di usung oleh Gadget - gadget terbaru.

Panduan membeli Laptop baru

laptop netbookKebutuhan akan mobile computer semakin lama semakin tinggi. Pilihan untuk memiliki sebuah laptop atau netbook menjadi sesuatu yang tidak aneh lagi bagi seorang yang memiliki mobilitas tinggi. Banyak merek dari produsen laptop menawarkan sebuah produk yang memiliki spesifikasi tinggi dengan harga yang sangat beragam. Bagi orang awam atau merupakan momen pertama kali memiliki laptop, tentu menjadi hal yang rumit untuk memilih dari sekian banyak merek dan tipe yang ada dipasaran.

Adalah hal yang sangat wajar jika anda pasti akan memilih sebuah buah barang yang ingin dibeli dengan pertimbangan kualitas tinggi tapi dengan harga murah. Tapi untuk memilih sebuah laptop, pertimbangannya tidaklah sesederhana itu. Berikut ini saya akan coba memberikan sedikit pandangan dan saran bagi anda yang ingin membeli laptop atau komputer baru, tentunya dari kacamata saya sebagai seorang teknisi/ tukang service laptop ya..

1. Tujuan anda dalam membeli sebuah laptop baru

Hal pertama yang harus dijawab adalah pertanyaan: "Untuk tujuan apa anda akan menggunakan laptop yang akan dibeli nanti?". Apakah untuk tugas administrasi saja, seperti mengetik dokumen, mengirim dan menerima email. Atau alat bantu anda sebagai seorang photografer, desain grafis. Atau bisa jadi sebagai alat bantu kerja anda sebagai seorang programmer. Pertanyaan ini ini harus anda jawab dulu dengan benar. Karena dengan mengetahui tujuan anda untuk membeli, baru lah anda bisa menentukan spesifikasi laptop baru yang cocok.

 
 

2. Spesifikasi hardware dari laptop yang akan dibeli

Setelah anda dapat menjawab tujuan penggunaan dari laptop yang akan beli, baru lah menetukan spesifikasi yang cocok yang sesuai dengan peruntukan laptop tersebut.
Misal anda sebagai seorang officer yang sering berkutan dengan hal ketik mengetik dokumen, kirim terima email dan sejenisnya, laptop yang anda perlukan tentu tidak menuntut spesifikasi mesin/ hardware yang tinggi. Dengan processor sekelas Intel Celeron generasi terbaru yang memiliki sistem memori sebesar 4GB DDR3 tentulah sudah cukup. Kapasitas storage/ harddisk sebagai penyimpan data juga tidak perlu terlalu besar, harddisk berkapasitas 500GB SATA tentu sudah lebih dari cukup.
Lain halnya jika anda adalah seorang Fotografer atau Desain grafis. Profesi ini berkutat dengan file file image. Dalam dunia komputer, pengelolaan file image membutuhkan spesifikasi VGA yang mumpuni dan memori VGA yang besar. Chipset VGA sekelas nVidia atau ATi Radeon dengan bandrol memori minimal sebesar 4GB sangat dibutuhkan. Selain itu, sebuah laptop untuk pengelola image membutuhkan sistim memori/ RAM yang besar juga , minimal 8GB DDR3.
Programmer, profesi ini berkutat dengan coding dari berbagai macam bahasa pemograman. Dari mulai Visual Studio hingga Android studio pasti akan digunakan oleh seorang programmer. Profesi ini membutuhkan sebuah laptop dengan spesifikasi Processor yang tinggi dan memori sistem / RAM yang besar. Intel core i7 dengan sistem memori sebesar 16GB DDR3 sangat lah cocok bagi seorang programmer.
Lain lagi bagi seorang yang berprofesi sebagai Video Editing atau Creator hingga seorang gamer. Mereka membutuhkan spesifikasi mesin yang sangat tinggi. Processor sekelas i7, Sistem memori / RAM 16GB (32GB disarankan), VGA dengan chipset nVIDIA atau ATiRADEO 32BIT 8GB, Kapasitas Storage/penyimpanan sebesar iTB mutlak di perlukan jika ingin mendapatkan performa kerja maksimal.

3. Merek dan Tipe

Setelah kita bisa menentuka spesifikasi minimum yang dibutuhkan, barulah kita berbicara masalah merek dan tipe laptop apa yang cocok. Berbicara masalah merek, tentulah tidak lepas dari masalah kualitas barang itu sendiri. Pribahasa:" Ada harga, Ada rupa" saya rasa sangat cocok dalam menentukan pilihan merek/ tipe apa yang akan dipilih. Saya pribadi akan memberikan urutan merek sebuah laptop jika dilihat dari kualitas barang yang ditawarkan. Tentunya pandangan ini adalah pandangan pribadi saya, tanpa ada maksud mengunggulkan atau menjelekkan merek tertentu. Pemilihan ini berdasarkan pertimbangan merek mana yang paling sering mengalami masalah sehingga diperlukan tindakan repair terhadap hardware laptop tersebut. Semakin banyak kuantitas suatu merek masuk untuk di service, berarti merek tersebut memiliki kualitas yang kurang baik jika dibandingkan dengan merek lain yang secara kuantitas jarang untuk perlu diservice.
Asus, untuk saat saya menulis artikel ini, sepertinya merek asus berada di urutan pertama. Kualitasnya cukup baik dan desain modelnya bagus.Berikutnya adalah HP. Bagi saya kualitas laptop HP juga tidak kalah oleh ASUS. Model-model dari laptop HP juga cukup keren keren.Urutan berikutnya adalah ACER. Disusul berikutnya adalah LENOVO dan TOSHIBA serta Axioo/ Advance. Tapi sekali lagi, hal ini adalah pendapat pribadi saya sebagai seorang teknisi laptop. Tidak menutup kemungkinan anda sebagai pembaca mempunyai penilaian yang berbeda dan pengalaman yang berbeda.

4. BUDGET

Hal terakhir yang jadi pertimbangan dalam membeli sebuah barang adalah masalah kocek/ budget. Sebenarnya masalah budget ini sangat erat kaitannya dengan pemilihan merek atau model. Semakin merek terkenal, tentulah harganya semakin mahal. Semakin mahal suatu barang, biasanya kualitas nya pasti semakin bagus.

Demikian lah sedikit pandangan yang saya berikan. Pandangan ini mudah mudahan dapat membantu anda dalam memilih laptop mana yang akan anda beli. Salam sukses selalu...

FAQ Problem Pada Laptop

Kerusakan ini paling sering terjada pada laptop. Coba cek kondisi memori sistem atau RAM pada laptop.Coba copot RAM, bersihkan kaki connector dengan penghapus pensil. Pasang kembali, jika masih bermasalah coba gunakan keping memori / RAM lain untuk sekedar test. Gambar masih tidak muncul di layar laptop, coba gunakan layar monitor PC. Hubungkan kabel connector layar PC ke port VGA out pada laptop. Jika ternyata gambar dapat tampil pada layar monitor PC, bisa jadi laptop anda mengalami masalah pada kabel connector LCD yng menghubungkan LCD ke Mainboard laptop. Namun pengecekan jangan berhenti hanya sampai tahap itu. Karena bisa jadi panel layar LCD anda mungkin juga bermasalah. o iya, ada satu komponen lagi yang harus anda cek yaitu chip vga pada laptop. Kalau RAM sudah oke, kabel lcd dan panel layar tidak ada masalah namun gambar pada laptop tetap tidak tampil berarti sangat besar kemungkinan kerusakan bersumber dari chip vga yang mengalami malfungsi. Jika ini yang terjadi, segera bawa laptop ke tempat service kepercayaan anda untuk penanganan lebih lanjut

Sebisa mungkin usahakan mengganti charge lama yang rusak dengan tipe yang sama dan original. Perhatikan dengan saksama spesifikasi tegangan dan arus output yang dihasilkan.Mengganti part lama dengan part original sering terkendala dari segi harganya yang mahal dan barang susah didapat. Konsultasikan dengan tempat service kepercayaan anda jika memang anda terpaksa harus membeli charge KW. Karena barang KW yang beredar banyak macam dan kualitasnya. Ada barang KW yang berkualitas 11 12  (hampir memiliki kualisa yg sama) dengan yang original. Mintalah mereka untuk memilihkan barang KW tersebut untuk anda

Semua merek seperti Toshiba, HP, Lenovo dan sebagainya oke untuk dibeli. Masalah keawetan tergantung dari pemakaian. Setiap merek memiliki product line. Entry, middle atau high end. Semua kembali lagi pada pertimbangan dana yang dimiliki. Jadi jika memilih laptop yang ingin dibeli, saya akan membeli laptop yang After Sale Servicenya oke. Terus terutama yang jika saya mengalami kerusakan part, saya akan dengan mudah mendapatkan part untuk penggantinya

Penyebab chipset VGA mengalami kerusakan umumnya karena chip vga sering / terlalu lama berada pada konsidi overheat. Overheat pada vga bisa jadi dikarenakan sistem pendingin yang kurang maksimal, penggunaan laptop untuk menonton film atau bermain game terlalu lama. Bisa juga memang karena umur laptop yang sudah lawas. Selalu rutin membersihkan fan pendingin, ganti pasta pedingin jika sudah kering. Janga terlalu sering dan berlama-lama main game atau nonton film menggunakan laptop.

Tentang CEMPAKA Computer Service

Kami CEMPAKA Computer Service,adalah usaha yang bergerak di bidang jasa layanan perbaikan notebook. Berbekal pengalan kami yang telah berkecimpung di bidang perbaikan computer terutama mobile computer/ laptop dari tahun 2005, kami CEMPAKA Computer Service percaya dan yakin bisa memberikan pelayanan jasa perbaikan / service notebook yang terbaik untuk semua customer atau pelanggan.

Bagi kami, kepercayaan yang diberikan oleh pelanggan dengan memilih kami sebagai mitra dalam menyelesaikan masalah yang terjadi seputar laptop atau netbook adalah sebuah tanggung jawab bagi kami. Tanggung jawab ini akan kami selesaikan dengan sebaik-baiknya. Kepuasan pelanggan menjadi sesuatu yang harus kami capai dalam memberikan pelayanan jasa perbaikan laptop atau netbook. Semoga keberadaan  CEMPAKA Computer Service dapat memberikan kontribusi yang baik dan memuaskan untuk semua pemilik dan pemakai computer , khususnya notebook, laptop dan netbook ..

Terima Kasih -  CEMPAKA Computer Service Team

                         TELP - WHATSAPP : 08777 - 6361 - 198  [ Wempy ]